Sahabat sejati…??

Alangkah senangnya jika mempunyai sahabat yang sejati…bukan hanya teman sejati lho…Dengan saling mempercayai, saling membantu, saling memberikan apa yang dibutuhkan oleh masing-masing, rasanya seperti benar-benar menikmati apa yang diberikan oleh-Nya. Taukah kamu apa sahabat itu?

Sahabat bisa aja orang tuamu, anggota keluargamu, salah satu saudara sepupu, ato temanmu kampus maupun kampung, ato bisa aja guru/dosenmu. Arti ato makna dari kehadiran seorang sahabat itu tidak bisa diucap-ucapin, misal berkata ”….si A itu sahabatQ lho…sedangkan yang si B cuma temen deket aja…”. Itu tinggi hati namanya….! Kecuali ia ingin bilang kebenaran untuk mencegah terjadinya kekhilafan yang bakal terus berlanjut ke depan.

Arti siapa sahabatmu hanya bisa dirasakan dan dibuktikan oleh dirimu sendiri. Kamu mestinya mengerti yang mana orang yang setia untukmu, mempercayaimu, mau berkorban membantumu, dan sebagainya. Asalkan di awal sudah mengenalinya, dia itu orangnya kayak apa, karakternya gimana, bisa percaya ama kamu nggak, dan bagaimana jika ia ada di sampingmu.

Sahabat itu nggak mudah dicari…

Memang banyak yang bilang “nanti ia akan datang sendirinya koq”, naah bagaimana bisa kamu tau kalo dia itu sahabatmu jika kamu tidak mendeteksinya…??

Jangan meremehkan arti seorang sahabat. Itu sangat berbeda ama arti teman. Jika kamu memang sudah mengerti artinya, pastinya kamu bisa bertahan ama dia sampai takdir ditentukan. Namun, jika ternyata tidak bisa bersahabat hanya suatu masalah sepele, namanya bukan sahabat tuh….Hanya temen dekat aja…yang hanya bisa mencurahkan isi hatimu, membantu mengerjakan tugas, dan tukar-tukaran barang aja…

Carilah…dan ingat bahwa kita tidak bisa bertahan hidup sendiri di dunia ini…kita tidak bisa melakukan semua perjuangan hidup ini sendirian…

Tapi…ada tapinya nih….

Jika hatimu benar-benar mengatakan dan menganggap seseorang sebagai sahabatmu, pertahankanlah…pertahankan kepercayaannya padamu sebagai sahabat, juga sebaliknya…dan mengertilah jika apa yang kamu inginkan tidak sesuai dengan apa yang dia berikan…mungkin bisa aja kamu yang salah menjelaskannya, ato dia lagi tidak fokus karena ada masalah tersembunyi di balikmu…pancinglah pikirannya…pintar-pintarlah mencari strategi bagaimana caranya agar dia bisa memberikan apa yang kamu inginkan….

Jangan marahin dia dan jangan kecewa pada dia…kalau kamu memang sahabatnya…

Kamu pastinya juga harus bisa menjadi sahabat sejatinya jika kamu ingin menjadikan dia sebagai sahabat sejatimu…jadilah pendengar yang baik jika kamu ingin didengar olehnya…belajarlah mengerti jika kamu ingin dimengerti olehnya…

Kamu harus tahu…kehilangan seorang sahabat itu sangat sakit di hati…bahkan lebih sakit daripada diputusin oleh seorang pacar…Kehilangan seorang sahabat itu ibarat kehilangan salah satu organ dalam tubuhmu walaupun masih ada organ-organ lain…Perhatikan itu!!!

Yang penting….apapun yang akan terjadi, teguhkanlah hatimu…

^^

One thought on “Sahabat sejati…??

Komentar ditutup.