…menjelang UJIAN..??!

Waktu tak begitu terhiraukan. Terus saja berjalan atas kehendakan-Nya selaras dengan aktivitas dalam kehidupan kita. Tak terpikir juga ternyata sudah setengah semester kita menggali ilmu di kampus tercinta ini, dan seperti biasa kita akan berjumpa dengan ujian tengah semester (midterm). Bagi mahasiswa baru, hal ini masih bisa mendebar-debarkan dada. Jika dilihat dari pikirannya, rasa resah dan bingung mengenai ujian seperti apakah yang akan dihadapi dan apakah mudah dikerjakan. Bagaimana dengan mahasiswa yang sudah berjabat sebagai kakak angkatan? Sebagian merasa “biasa saja”, dan sebagian lagi masih ada rasa resah juga dalam pikiran. Itulah yang akan membedakan strategi masing-masing mahasiswa dalam menghadapi ujian.

Selain belajar giat, bagaimana caranya agar ujian nanti tidak gagal?

Sukses atau gagalnya ujian yang dihadapi tergantung dari kesiapan fisik dan mental. Begitulah dalam psikologis. Untuk mempersiapkan fisik dan mental dalam menghadapi ujian, biasanya mahasiswa mengulang pelajaran, selain itu juga menentukan langkah-langkah sebelum ujian, dan atau membuat teknik pada saat ujian, asalkan sesuai dengan peraturan ujian. Selalu ada kata “NO WAY” untuk menyontek dalam ujian bagi pencari ilmu sejati, apalagi mencari bocoran. Jangan harap ilmu yang selama ini kita pelajari bertahan di pikiran jika kita selalu menolak kata tersebut.

Banyak orang bilang kecerdasan dalam otak itu ibarat ketajaman sebuah pisau. Jika jarang diasah, pisau akan semakin tidak tajam dan lama kelamaan tidak bisa digunakan lagi, bahkan memotong timun saja tidak bisa. Oleh karena itu, pisau tersebut harus selalu diasah agar semakin tajam dan semakin mudah untuk memotong sesuatu. Begitu juga dengan otak. Ilmu-ilmu yang dipelajari tidak akan memberikan kecerdasan jika tidak pernah diuji dan digunakan dalam penemuan segala solusi. Jika ilmu-ilmu tersebut hilang dan tidak pernah dicari lagi, syaraf semakin tidak mau memberikan respon, bahkan ada efek kebodohan dalam otak.

Bagaimana caranya untuk mengetahui setinggi apa kecerdasan kita?

Pisau tidak akan diketahui ketajamannya jika tidak diuji untuk memotong suatu benda. Seseorang tidak akan diketahui kecerdasannya jika tidak diuji untuk menjawab suatu solusi. Nah pada ujian itulah kecerdasan akan diuji. Kita harus menentukan jawaban dalam pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam lembaran soal. Sudah pasti itu tantangan kita untuk mencapai target. INGAT! Tantangan bukan untuk dihindari tetapi untuk dihadapi (((hehe..he..kalimat ini gak usah dicantumin deh… ^^)))

Jadi, begitu berjumpa dengan midterm maupun ujian lain, disapa saja dengan ketenangan di hati. Jangan terlalu cemas dan resah menghadapinya, karena hal itu hanya akan memberikan kelelahan dan pikiran pun akan tertekan. Jangan heran prestasi kita biasa-biasa saja jika kita selalu stress dan cemas dalam menghadapi tantangan.

Yups…tetap SEMANGADZ untuk berjuang mencapai target prestasi kita…^^

 

_live