Jalan Menuju Surga…

Hidup…
Selama ini kita hidup di dunia ini dengan tujuan pilihan kita. Oleh karena itu, hidup bisa dikatakan perjuangan kita. HIDUP memang merupakan perjalanan menuju AHSANU ‘AMALA.

Lantas…apa itu AHSANU ‘AMALA?

Ahsanu ‘amala ialah jalan satu-satunya menuju syurga. Setiap manusia di dunia ini pastinya ingin masuk syurga suatu saat nanti, di mana semua kebahagiaan ada. Syurga memang tempat idaman manusia. Namun, perlulah manusia bergerak untuk menuju ke tujuan hidup itu, dan itu bisa diibaratkan sebuah perjalanan. Saat itulah manusia harus menemukan jalan untuk berjuang.

Bagaimana kita bisa tahu jalan yang mana yang harus kita lalui untuk mencapai tempat yang kita tuju?

Semua itu ada pada diri kita sendiri. Yupz, jalan mana yang harus kita lalui itu tergantung pada jalan pikiran kita masing-masing. Jalan menuju tempat target bisa berupa lika-liku, bisa lurus, atau bahkan bisa berbentuk putaran.

Seandainya jalan itu lurus, sangatlah bersyukur manusia itu dapat menuju tempat targetnya dengan mudah dan dengan cepat. Terus, kenapa kita selalu merasa jalan menuju tempat idaman hidup kita sulit bagaikan jalan yang berliku-liku atau berputar-putar? Semuanya ada di jalan pikiran kita sendiri.

Jalan ahsanu’amala terasa sulit dan rumit bagai berliku-liku, itu disebabkan pikiran manusia yang rumit. Dan tentulah pikiran yang rumit itu timbul karena banyaknya masalah yang rumit pula selama hidup. Masalah selama hidup merupakan tantangan untuk kita. Pikiran manusia yang rumit tidak lain karena SYAHWAT dan SYUBHAT.

SYAHWAT…

Kesenangan duniawi, di mana segala yang menyenangkan di dunia tapi tak ada manfaatnya di akhirat. Syahwat memperlihatkan kalau jalan ke syurga itu susah, hingga bisa membuat manusia berhenti berjuang (menyerah) yang dibuai kelalaian dan keterlenaan.

SYUBHAT…

Tahu sih tahu, tapi ketidakmauan terhadap segala yang memuliakan. Misalnya, saat kita terkena masalah. Pastinya kita sabar saat terkena masalah, dan semua manusia pasti tau kalo kita harus sabar saat ada masalah. Namun, banyak yang tidak mau tau, hingga banyak manusia terbawa emosinya saat ada masalah.

Syubhat dan Syahwat hanya membuat jalan ke syurga terasa jauh dan melelahkan.

Menata Hati dengan Cinta Jauh dari Kegalauan

oleh Wanodya Asri

Kita mudah galau karena kita tidak memegang suatu prinsip, yaitu “tidak ada di hati ku selain ALLAH”. Jika kita teguh untuk memegang prinsip ini, maka hati akan menjadi tenang. Jika ada di hatinya ALLAH dan selain ALLAH (meskipun hanya satu), maka itu sudah dapat membuat hati menjadi tidak tenang. Orang yang di hatinya hanya ada ALLAH, masih mungkin merasakan SEBENARNYA CINTA (bukan CINTA yang SEBENARNYA). Karena cinta yang sebenarnya bersifat relative, sedangkan SEBENARNYA CINTA adalah cinta yang di dalamnya hanya bersemayam nama ALLAH.

 

Lalu, bagaimana kita merancang agar di dalam hidup kita tidak ada selain ALLAH??

 

SEBENARNYA CINTA akan terasa kesejukkannya pada saat kebeningan hati bertemu dengan kelezatan nafsu. Ke dalam diri manusia, ALLAH meletakkan 2 bejana, yaitu bejana hati dan bejana nafsu. Layaknya bejana dalam kehidupan kita, maka yang seharusnya dimasukkan ke dalam bejana adalah hal2 yang sesuai dengan fungsi bejana tersebut. Namun, sering manusia salah meletakkan sesuatu yang seharusnya masuk ke bejana nafsu tetapi dimasukkan ke dalam bejana hati. Misalnya, cinta itu letaknya di dalam nafsu, bukan di dalam hati. Dan begitu pula dengan benci. Seperti analogi STMJ (susu, telur, madu, dan jahe) tidak akan terasa enak dimakan jika tidak dicampur dengan air dan di aduk. Begitu pula dengan nafsu, akan terasa kelezatannya ketika dicampur dengan isi bejana hati. Dan ketika kebeningan hati bercampur dengan nafsu, maka yang akan muncul adalah NAFSU MUTMAINNAH. Maka kita akan mampu memegang prinsip “tidak ada di hatiku selain ALLAH”.

Bejana nafsu berisi segala jenis perasaan, seperti susah, senang, benci, cinta, takut, berani, dsj. Dari nafsu ini, akan menimbulkan keinginan. Dan dari keinginan akan mendorong munculnya perbuatan. Bejana hati hanya berisi 3 hal, yaitu BENAR, BAIK, dan MULIA. Jika isi bejana hati ini dituangkan ke dalam bejana nafsu, maka pasti isinya akan bercampur.

BENAR (menurut hati) berarti sesuai dengan keinginan Allah ta’ala…

BAIK berarti membaikkan perasaan orang kepada diri. Orang baik bukan hanya orang yang mampu berbuat baik, tetapi juga mampu membaikan perasaan orang lain kepada dirinya. Misalnya, seorang anak yang tetap berbakti kepada kedua orang tuanya walaupun kedua orangtuanya adalah tipe yang “menyebalkan”….

MULIA berarti mengangkat nilai diri. Nilai kemuliaan itu sangat tinggi, tidak dapat diukur. Nilai kemuliaan ini sangan berhubungan dengan nilai kebenaran dan kebaikan di dalam hati. Sehingga ke3 hal tersebut pada dasarnya saling “bersenyawa” (menyatu dan bercampur), bukan terpisah.

Maka sudahkah ke3 hal tersebut bersenyawa dalam hidup kita??

Ketika isi 2 bejana (hati dan nafsu) saling bercampur, maka yang akan muncul adalah keinginan dan perbuatan yang BAIK, BENAR, dan MULIA.

Lalu seperti apa cinta yang BAIK, BENAR, dan MULIA itu??

Cinta yang benar cinta yang sesuai dengan keinginan ALLAH Ta’ala.

 

Kriteria cinta yang benar:

1. Tidak mencintai karena penampilan fisik. Karena jika mencintai penampilan fisik, berarti dia sedang mencintai dirinya sendiri.

2. Tidak membeda-bedakan cinta. Kalau membedakan berarti nafsu. Misal, tidak mencintai si A lebih dari si B, kadar cintanya sama.

3. Tidak ada harapan untuk memiliki.

4. Tidak ada cinta dalam dan untuk kemungkaran. Salah satu contoh yang dapat menyebabkan munculnya kemungkaran : seorang ikhwan yang “ng-take” akhwat dan menjanjikan untuk menikahinya, tetapi akhwat tersebut diminta untuk menunggu.

 

Kriteria cinta yang baik:

1. Tidak menimbulkan dampak negatif. Misal VMJ, berkhayal, dsj.

2. Menjadi energi penyemangat untuk melipatgandakan ibadah dan amal shalih.

3. Membuat diri luluh dalam kebeningan dan kesucian cinta.

 

Kriteria cinta yang mulia:

1. Menyejukkan hati siapapun.

2. Tidak menggejolakkan nafsu orang lain.

3. Menginspirasikan kebaikkan untuk sesama

4. Menjadi contoh teladan bagi siapapun yang menginginkan sebenarnya cinta.

 

Catatan kajian bersama Ust.Syatori @ KRPH Mardhiyyah (5 November 2011)

Kebiasaan Wanita yang Paling Dibenci Pria

Wanita dari Venus dan pria dari Mars seringkali menjadi simbol perbedaan kedua gender. Pria, seringkali memperlihatkan rasa tidak setuju dengan diam. Sebaliknya, wanita terkadang terlalu mengumbar cerita. Bila terjadi berulang kali. pria bisa jadi kehilangan rasa atau ilfil pada wanita. Meskipun seringkali tak mengungkapkannya, ada beberapa hal yang tidak disukai pria dari seorang wanita.

Berikut beberapa hal yang sangat dibenci pria dari wanita seperti dikutip dari Shine:

Make up terlalu tebal

Kebanyakan pria merasa make up yang kelewat tebal membuat wanita terlihat seperti boneka. Tidak peduli apakah seorang wanita cantik, make up yang terlalu tebal membuat kecantikannya seperti buatan. Pria juga merasa wanita secara teratur memperbaiki riasan mereka sangat membosankan. Bagi pria, make up yang sesuai serta percaya diri membuat penampilan lebih seksi.

Topik pembicaraan yang terlalu banyak

Saat berbicara wanita cenderung tidak fokus pada satu hal. Mereka bisa membicarakan satu hal lantas melompat ke topik pembicaraan lainnya. Bagi pria, pembicaraan yang demikian menunjukkan wanita tersebut termasuk seorang yang tak cerdas.

Terlalu banyak mengeluh

Sebagian wanita merasa orang paling malang sedunia. Dan, ia takkan berhenti untuk mengeluh. Jika direspon atau tidak direspon, mereka akan makin mengeluh. Sehingga, banyak pria menganggap berhadapan dengan wanita seperti ini sangat menyulitkan.

Suka menyela hobi pasangan

Pria kerap memanjakan diri menonton siaran olahraga atau hobi mereka.Seorang wanita yang baik akan membiarkan pasangan melakukan hal yang ia sukai. Namun pria sangat jengkel bila pasangan wanita menyela dan meminta agar menghentikan aktivitas mereka. Kalaupun mereka mengiyakan, itu hanya mereka tak punya pilihan atau menghindari konflik.

Masa Depan Zaman Es…?

Bumi diprediksi akan masuki ‘Little Ice Age’ atau zaman es baru di tahun mendatang akibat rendahnya aktivitas matahari, demikian yang diungkapkan para peneliti.

Fenomena Aktivitas bintik pada matahari, yang diikuti siklus setiap tahunan, akan mencapai puncaknya pada tahun 2013, setelah itu akan mulai sedikit berkurang. Tapi astronom berpikir kenaikan berikutnya akan kurang intensif dari normal, atau bisa gagal terjadi sama sekali. Dilansir melalui Telegraph, selama beberapa dekade, Eropa mengalami musim dingin yang luar biasa dan sangat sering, dan waktu tersebut kemudian disebut ‘Little Ice Age’. Meskipun tidak ada bukti konklusif yang saling mempengaruhi satu sama lain, banyak ilmuwan mempercayai hal itu.

Bintik matahari adalah lubang kecil gelap di permukaan matahari, yang disebabkan oleh area kecil dari aktivitas magnetik kuat yang mengganggu aliran normal gas yang dipanaskan secara intens. Ketika ada bintik matahari yang lebih besar, secara keseluruhan hasil dari matahari yang disebut radiasi matahari total atau total solar irradiance (TSI) yang juga tinggi. Frank Hill, dari National Solar Observatory di New Mexico, yang bekerja pada salah satu studi, mengatakan, “Fakta bahwa ada tiga baris yang terpisah dari semua bukti menunjuk ke arah yang sama dan sangat menarik.”

Tapi Joanna Haigh profesor fisika atmosfer di Imperial College London, mengatakan, “Pemanasan global bisa menimpa efek pendinginan pada iklim bumi.” Selama waktu itu suhu di barat laut eropa hampir 1 derajat Celcius lebih rendah dari normal, dan sekitar 0.5 derajat Celcius lebih rendah dari rata-rata suhu global.

Namun, ia pun mengingatkan, “Bahkan jika prediksi benar, efek pemanasan global akan melampaui kemampuan matahari untuk mendinginkan bahkan dalam skenario paling dingin. Dan dalam hal apapun, efek pendinginan hanya terjadi sementara. Ketika aktivitas matahari kembali normal, maka gas rumah kaca tidak akan pergi.